Kamis, 06 September 2018

Mengenali Perbedaan Mioma Dan Kista

Perbedaan Mioma Dan Kista
Perbedaan mioma dan kista - Organ reproduksi wanita ialah salah satu organ tubuh yang paling kompleks. Beberapa gangguan yang sering terjadi pada organ reproduksi ini ialah seperti tumor, kista, dan mioma. Dari ketiga jenis gangguan kesehatan organ reproduksi wanita, kista dan miomalah yang paling sering ditemukan. Patut disyukuri, kedua jenis penyakit reproduksi ini pada tergolong tumor jinak dan masih mudah untuk disembuhkan secara total. Yang membedakan keduanya ialah, jika kista berisikan cairan maka mioma terbentuk dari daging yang tumbuh. Meskipun tergolong jinak, kedua jenis penyakit ini harus segera diangkat sehingga tidak mengganggu kinerja dan fungsi tubuh lainnya. Berdasarkan dunia medis, penyakit kista dipicu oleh zat kimia yang mengendap dalam tubuh, sedangkan mioma terbentuk karena faktor gaya hidup dan hormonal penderita.

Mewaspadai Mioma Dan Kista Dari Perbedaanya

Hingga saat ini, terdapat banyak wanita yang kurang menyadari perubahan atau kelainan organ reproduksi akibat pertumbuhan mioma dan kista. Hak ini dikarenakan pada kasus yang masih ringan, mioma dan kista tidak menimbulkan keluhan berarti bagi para penderita sehingga sangat sulit untuk dideteksi dan disembuhkan secara maksimal. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan penyakit kista dan miom sangat sulit memperoleh penanganan dengan cepat, bahkan adakalanya penyakit baru terdeteksi pada saat telah berkembang ke tahap yang lebih parah. Meskipun, memiliki beberapa persamaan, kedua penyakit yang bersarang pada organ reproduksi wanita ini tetap memiliki perbedaan yang sangat kentara. Akan tetapi, hanya segelintir orang saja yang bisa mengenali dan memahaminya.

Secara umum, kista terdiri dari banyak tipe, mulai dari kista dermoid yang terdiri dari jaringan di dalam badan, kista endometriosis yang berisi cairan kecokelatan, dan kista simplex yang berisi cairan bening. Sedangkan penyakit miom ialah tumor jinak yang hanya terdiri dari serabut otot polos myometrium dengan bentuk menyerupai kumparan dan lama-kelamaan akan berputar menyerupai bola, yang menyebabkan pertumbuhan sel otot secara tidak normal pada organ reproduksi wanita.

3 Perbedaan Signifikan Antara Mioma Dan Kista

Mungkin anda bertanya-tanya, dimana letak perbedaan signifikan antara mioma dan kista, maka simak ulasan berikut ini tentang perbedaan mioma dan kista:
  • Perbedaan yang pertama terletak pada area gumplannya, dimana kista biasanya berada di area kiri, kanan, atau bahkan di kedua sektor indung telur. Sebaliknya, pertumbuhan sel mioma akan terletak di area rahim, lebih tepatnya berada di dalam rahim, tengah rahim, permukaan rahim atau bagian tengah organ vagina (dalam dunia media sering disebut dengan uterus).
  • Perbedaan yang kedua terletak dari wujud dan isi kandungan di dalamnya. Apabila pada kista, maka kandungannya berisikan cairan. Sehingga pada beberapa metode pembedahan, kista dapat diangkat dan dapat pula disedot cairannya untuk kemudian baru pengambilan sisanya di lakukan.

Sedangkan pada mioma, jaringan tumor jinak terbentuk dari serabut-serabut otot bertekstur padat dengan bentuknya yang bulat. Gumpalan yang hampir menyerupai batu ini tidak memiliki pangkal dan inti, melainkan hanya mempunyai serabut otot dengan permukaan yang bisa dikupas.
  • Perbedaan terakhir terletak pada gejala keluhan yang bisa dialami oleh penderita kista dan mioma. Sel kista pada organ reproduksi wanita pada dasarnya dapat dideteksi dari rasa nyeri yang timbul pada saat hari pertama atau hari kedua menstruasi. 

Selain itu, rasa nyeri pada saat berhubungan intim juga menjadi keluhan kista yang sering ditemukan pada banyak pasien. Sedangkan mioma, keluhan pada pasien justru terjadi akibat siklus menstruasi yang tidak lancar. Adakalanya, siklus menstruasi memiliki jumlah hari yang lebih panjang atau lebih sedikit sekaligus jumlah darah yang berada di atas batas wajar. Inilah beberapa perbedaan mioma dan kista yang wajib anda ketahui.


EmoticonEmoticon